Daftar 20 Kampus Terbaik Dunia Terbaru THE WUR 2024: Okezone Edukasi

JAKARTA – The Times Higher Education Institute menerbitkan daftar universitas terbaik di dunia. Data tersebut mencakup 1.904 universitas di 108 negara dan wilayah. Universitas Oxford berada di posisi pertama.

Nilai diukur berdasarkan 18 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat yang mengukur kinerja lembaga dalam lima bidang: pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, industri, dan pandangan internasional. Pemeringkatan tahun ini menganalisis lebih dari 134 juta kutipan dari 16,5 juta publikasi penelitian dan mencakup tanggapan survei dari 68.402 peneliti di seluruh dunia. Secara total, kami mengumpulkan 411.789 titik data dari lebih dari 2.673 institusi yang menyediakan data.

Universitas Oxford Terbaik

Universitas Oxford menduduki peringkat teratas selama delapan tahun berturut-turut, namun universitas lain yang berada di lima besar mengalami perubahan peringkat. Universitas Stanford naik ke peringkat kedua dan mendorong Universitas Harvard turun ke peringkat keempat.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) naik dua peringkat ke posisi ketiga tahun ini. Universitas Cambridge merosot ke posisi kelima setelah menempati posisi ketiga pada tahun lalu.

Pendaftaran baru tertinggi adalah Universitas Katolik Hati Kudus di Italia, dengan peringkat 301-350. Namun, sebagian besar institusi yang berpartisipasi dalam pemeringkatan untuk pertama kalinya tahun ini berada di Asia.

Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak terwakili secara keseluruhan dengan 169 institusi dan juga merupakan negara yang paling banyak terwakili dalam 200 negara teratas (56). India kini menjadi negara keempat yang paling banyak diwakili dengan 91 institusi, melampaui Tiongkok (86).

Empat negara masuk dalam peringkat tersebut untuk pertama kalinya – semuanya di Eropa. Penambahan Kosovo, Bosnia dan Herzegovina, Makedonia Utara, dan Armenia merupakan penyimpangan dari tren tahun lalu dimana semua pendatang baru datang dari Afrika.

Universitas Stanford memimpin dalam pilar pengajaran, sedangkan universitas Oxford dan Cambridge memimpin peringkat dalam lingkungan penelitian. Pilar mutu penelitian yang belakangan ini berganti nama menjadi pilar sitasi menempatkan MPO pada peringkat pertama.

Universitas Sharjah di Uni Emirat Arab mendapat nilai tertinggi dalam pandangan internasional, sementara 28 institusi mendapat nilai tertinggi 100 untuk pilar industri. Berikut daftarnya dilansir situs resmi Times Higher Education pada Jumat (29/9/2023).

Ikuti berita Okezone berita Google


Daftar universitas terbaik di dunia

1. Universitas Oxford

Lokasi: Inggris

2. Universitas Stanford

Lokasi: Amerika Serikat

3. Institut Teknologi Massachusetts

Lokasi: Amerika Serikat

4. Universitas Harvard

Lokasi: Amerika Serikat

5. Universitas Cambridge

Lokasi: Inggris

BACA JUGA:

6. Universitas Princeton

Lokasi: Amerika Serikat

7. Institut Teknologi California

Lokasi: Amerika Serikat

8. Perguruan Tinggi Kekaisaran London

Lokasi: Inggris

9. Universitas California, Berkeley

Lokasi: Amerika Serikat

10. Universitas Yale

Lokasi: Amerika Serikat

11. ETH Zurich

Lokasi: Swiss

12. Universitas Tsinghua

Lokasi: Cina

13. Universitas Chicago

Lokasi: Amerika Serikat

14. Universitas Peking

Lokasi: Cina

15. Universitas Johns Hopkins

Lokasi: Amerika Serikat

16. Universitas Pennsylvania

Lokasi: Amerika Serikat

17. Universitas Kolombia

Lokasi: Amerika Serikat

18. Universitas California, Los Angeles

Lokasi: Amerika Serikat

19. Universitas Nasional Singapura

Lokasi: Singapura

20. Universitas Cornell

Lokasi: Amerika Serikat

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *