Chow Yun Damanik harus menunggu 2 tahun lagi untuk membela timnas Indonesia: Okezone Bola

MAKANAN Yun Damanik kita harus menunggu dua tahun lagi untuk membelanya Timnas Indonesia. Sebab usianya baru 16 tahun dan naturalisasi baru bisa dilakukan pada usia 18 tahun. Alih-alih berada di tim junior, Chow kini berpotensi bermain bersama tim senior.

Chow Yun Damanik seharusnya tampil bersama timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Namun ternyata ia tidak memegang paspor Indonesia.

Chow Yun Damanik

Status kewarganegaraan Chow masih belum jelas. Keputusan sang ibu untuk melepaskan status Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi penyebab tertundanya proses paspor

Berdasarkan undang-undang, Chow memang bisa saja dinyatakan sebagai warga negara Indonesia dan langsung diberikan paspor jika ia lahir pada saat ibunya belum melepaskan kewarganegaraan Indonesianya. Namun tidak jelas kapan sang ibu menjadi warga negara.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan, PSSI terus berupaya meminta dokumen ibu tersebut saat berganti kewarganegaraan. Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil hingga Senin (30/10/2023) ini.

“Kami terus berkomunikasi hingga kemarin dan meminta dokumen terkait pelepasan kewarganegaraan Indonesia ibunya, yang sayangnya pihak keluarga belum bisa memberikannya kepada kami hingga saat ini,” kata Arya dalam keterangan di akun Instagram pribadinya @arya.m. .sinulingga.

Jadi, meski sangat sulit bagi kami di PSSI, kami tetap harus mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia dan kami tidak boleh melanggar peraturan tersebut karena tidak ada yang bisa dikeluarkan, lanjutnya kemudian.

Ikuti berita Okezone berita Google


Jika sang ibu masih belum memberikan informasi yang jelas kapan harus melepaskan status WNI, maka Selamat tinggal terancam harus menunggu lebih lama lagi untuk membela timnas Indonesia. Sebab, pemain yang berkarier di Swiss harus melalui mekanisme naturalisasi khusus sesuai aturan yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2006.

Chow Yun Damanik

Proses naturalisasi pernah dilakukan oleh para petinggi internasional Indonesia, mulai dari Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ivar Jenner hingga Rafael Struick. Namun proses tersebut baru bisa dilakukan ketika subjek telah berusia minimal 18 tahun, sesuai aturan yang tertuang dalam Permenpore Nomor 10 Tahun 2023, Pasal 5 Ayat 1.

BACA JUGA:

Sedangkan Chow saat ini berusia 16 tahun. Jika itu terjadi, maka Chow harus lebih bersabar agar tim Merah Putih bisa bertahan.

Oleh karena itu, Bima Sakti menawarkan opsi lain dengan merekomendasikan Chow ke timnas U-20 Indonesia yang dilatih Indra Sjafri. Opsi ini dianggap sebagai opsi terbaik bagi pemain

Ya, kemungkinan besar dia akan diturunkan di timnas U-20 Indonesia di masa depan. Padahal, kita sudah melihat Chow punya kualitas yang bagus, kata Bima.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *