Bolehkah memejamkan mata saat lelah? Berikut penjelasan dokternya: kesehatan Okezone

MATA Kelelahan merupakan gejala yang dialami banyak orang, terutama para pekerja kantoran. Hal ini terjadi akibat ketegangan atau kelelahan pada otot-otot sekitar mata setelah lama melihat layar gadget.

Gejala umum akibat mata lelah antara lain mata berair, rasa berat, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi, peningkatan kepekaan terhadap cahaya, bahkan sakit kepala.

Jika Anda berulang kali mengalami ketegangan mata, kondisi ini akan memengaruhi kemampuan Anda dalam melihat. Banyak orang yang mengobati mata lelah dengan cara memencet mata, namun apakah hal ini diperbolehkan?

Kompres mata

Dokter Spesialis Mata, DR. dr. Trilaksana Nugroho, M.Kes, FISCM, SpM(K) mengatakan tidak ada salahnya mengaplikasikan eye pack saat mata lelah.

“Jika mata lelah, gunakan eye pack yang diberi air dingin,” kata Dr Trilaksana pada konferensi pers Hari Penglihatan Sedunia 2023, Senin (10/10/2023).

Dr Trilaksana menuturkan, saat ini masih banyak masyarakat yang salah dalam memahami meremas mata. Tak sedikit dari mereka yang justru mencelupkan matanya ke dalam wadah berisi air. Meski sebenarnya berbahaya bagi mata.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Membenamkan mata ke dalam cairan berpotensi menyebabkan berpindahnya kotoran atau bakteri dari kelopak mata atau bulu mata ke permukaan mata sehingga berbahaya untuk terjadinya infeksi,” ujarnya.

Untuk itu, dr Trilaksana menganjurkan untuk memencet mata saat kering.

“Jadi gunakan kompres yang bersih dan kering serta tutup mata,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *