Bisakah kanker menular? : Okezone kesehatan

PENYAKIT Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan jumlah kematian tertinggi di dunia. Salah satu penyebab penyakit kanker adalah infeksi virus.

Jadi apa itu penyakit? kanker apakah bisa menular seperti virus?

kanker

Begitulah pertanyaan yang dilontarkan salah satu warganet di akun Twitter atau X @profesorzubairi.

Untuk jawaban atas pertanyaan keponakan, dokter spesialis penyakit dalam, subspesialis hematologi-onkologi Prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD mengatakan, memang benar faktor penyebab kanker adalah infeksi virus.

BACA JUGA:

Misalnya saja kanker hati (virus hepatitis B dan C), kanker serviks (human papillomavirus; HPV), dan kanker nasofaring (virus Epstein-Barr). Faktanya, human papilloma juga dilaporkan berhubungan dengan kanker dubur, penis, vulva, serta kanker kepala dan leher, terutama kanker amandel, jelas Profesor Zubairi.

Mengapa infeksi virus bisa menyebabkan kanker? Prof. Zubairi menjelaskan hal tersebut hanya karena virus menyebabkan perubahan faktor yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel.

“Dapat menekan faktor penghambat pertumbuhan sel atau faktor pemicu yang merangsang pertumbuhan sel,” imbuhnya.

Menurut Profesor Zubairi, teori virus itu menular memang benar adanya. Hepatitis B dan C menular melalui kontak dengan cairan tubuh atau darah yang mengandung virus.

Misalnya hubungan seksual, transfusi darah, dari ibu ke anak, berbagi jarum suntik dan silet, jarum tato dan sejenisnya, jelasnya.

BACA JUGA:

“Saat ini HPV menular melalui hubungan seksual, kontak kulit dengan orang sehat, dan dari ibu ke anak saat melahirkan. Virus Epstein-Barr menular melalui kontak dengan cairan vagina dan air liur, serta dapat juga menular melalui transfusi darah, lanjutnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Namun kehadiran infeksi virus tidak serta merta menyebabkan proses terbentuknya kanker. Perkembangan dari hepatitis menjadi kanker hati membutuhkan waktu sekitar 10 tahun, dan tidak semua orang yang mengidap hepatitis B dan C kronis akan menderita kanker hati.

“Agar kanker bisa muncul, diperlukan kombinasi beberapa faktor lain seperti faktor genetik dan faktor lingkungan. Jadi infeksi virus memang penyakit menular, tapi kanker bukanlah penyakit menular,” pungkas Profesor Zubairi.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *