Bisa Beri Kepastian Hukum, Ganjar-Mahfud Bakal Jadi Angin Segar Bagi Investor: National Okezone

JAKARTA – Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi menjadi calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres). Keduanya juga telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) untuk mengikuti Pilpres 2024.




Menurut pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki magnet di dunia bisnis. Mereka akan membawa angin segar bagi investor.

Jika Ganjar dan Mahfud menang pada Pilpres 2024, diyakini mampu memberikan kepastian hukum bagi investasi di Indonesia. Keyakinan tersebut misalnya berdasarkan catatan Mahfud MD yang kini juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Di bidang hukum, menurutnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini memiliki kemampuan mengatasi permasalahan yang menjadi kendala investasi. Misalnya, sistem perizinan yang rumit dan pungutan liar yang dilakukan pejabat korup.

“Kalau melihat rekam jejaknya, tentu saja. Beliau punya kepribadian dan penegak hukum yang kuat. Saya rekomendasikan investor masuk ke Indonesia jika Ganjar-Mahfud terpilih. Ini peluang bagi pengusaha,” kata Emrus. dalam keterangannya, Kamis (26 Oktober 2023).

Banyak pengusaha, dari apa yang didengar Emrus, mengeluhkan masalah perizinan yang membuat usahanya pun sulit. Ganjar-Mahfud juga kerap menyebut kendala investasi akibat perilaku pejabat korup yang memperjualbelikan izin usaha.

Jadi sebaiknya semua pengusaha mendukung Ganjara Pranow dan Mahfud MD karena di bawah kepemimpinannya akan lebih ada kepastian hukum. Tidak ada lagi alasan hukum untuk berdagang, ujarnya.

Emrus menegaskan, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan investasi memerlukan kepatuhan yang ketat terhadap hukum. Ia pun mencontohkan Ganjara-Mahfud yang rekam jejak impresifnya di bidang hukum bisa menjadi modal dalam merancang program investasi 2024-2029 yang bisa diberikan kepada pemilih.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Kita geraknya agak lamban karena belum ada kepastian hukum. Mahfud jadi angin segar untuk membenahi ini. Ganjar sebagai presiden nanti bisa memberikan kewenangan itu kepada wakil presiden untuk mengurus Kementerian Hukum.” dan Hak Asasi Manusia, Menko Polhukam, Polri, dan KPK,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Program Institute for the Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan perlunya kepastian hukum dalam dunia investasi. Inilah yang dibutuhkan investor.

Berdasarkan data Ease of Doing Business Index, Esther mengungkapkan masih adanya ketidakpastian dalam berbisnis di Indonesia.

“Mereka masih wait and see. Saat ini mereka takut untuk berinvestasi. Namun ke depan, mereka takut mengubah kebijakan sehingga mengubah usahanya atau bahkan merugikan usahanya,” kata Esther dalam keterangannya.

Menurut Esther, wajar jika Mahfud kelak menjadi sosok yang dinilai mampu memberikan kepastian hukum di bidang penanaman modal. Mahfud juga diharapkan segera membuat rencana nasional yang berorientasi pada kepentingan investasi. Selain itu, juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Dan tetap pada rencana. Pemimpin nasional harus memperluas dampak positif perencanaan nasional. Jadi siapa pun pemimpinnya, kebijakannya tetap sama,” tutupnya.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merupakan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang didukung Partai Perindo, PDIP, PPP, dan Hanura.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *