Besok ekspres berbayar dimulai, ada Kereta Feeder: Okezone Economy

JAKARTAPT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan layanan kereta api penghubung yang berhenti di stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung. Hal ini untuk mendukung konektivitas kereta cepat Whoosh yang mulai beroperasi komersial mulai Rabu (18/10/2023) besok.

Kehadiran kereta feeder dengan waktu tempuh 19 menit dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung atau sebaliknya akan memudahkan koneksi masyarakat untuk mencapai Stasiun Kereta Cepat Whoosh melalui sistem transportasi yang bebas kemacetan dan tepat waktu, kata Wakil KAI Direktur Humas Joni Martinus dalam keterangan resmi yang diterima Antara, Selasa (17/10/2023).

Dijelaskannya, pelanggan Kereta Cepat Whoosh bisa menikmati kereta feeder ini secara gratis.

Jadwal keberangkatan kereta api penghubung Bandung ke Padalarang antara lain pukul 06:22 WIB, 08:27 WIB, 10:02 WIB, 12:42 WIB, 15:17 WIB, 17:17 WIB, dan 18:32 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Padalarang menuju Bandung tersedia pada pukul 07:20 WIB, 09:25 WIB, 11:00 WIB, 13:40 WIB, 16:15 WIB, 18:15 WIB, dan 19:30 WIB.

Joni menjelaskan, saat ini jumlah perjalanan yang disiapkan pada tahap awal sebanyak 14 perjalanan pulang pergi setiap harinya. Namun ke depan, jumlah keberangkatan kereta lanjutan akan disesuaikan dengan jumlah keberangkatan kereta kecepatan tinggi Whoosh.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Dengan adanya kereta cepat yang terkoneksi, total waktu yang dibutuhkan antara pusat kota Bandung dan Jakarta sekitar 1 jam. KAI memastikan jalur KA Feeder beroperasi tepat waktu seperti layanan KAI yang ada,” jelasnya.

Satu rangkaian kereta Feeder terdiri dari 4 unit kereta dengan kapasitas maksimal 393 penumpang. Untuk menampung lebih banyak penumpang, KAI dapat menggabungkan 2 Kereta Feeder menjadi 1 kereta sehingga kapasitasnya menjadi dua kali lipat. Kereta penghubung dilengkapi dengan rak bagasi dan fasilitas sanitasi untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.

KAI, kata Joni, memastikan perpindahan antar moda, antar platform, ketersediaan ruang tunggu, dan fasilitas yang disediakan pelanggan senyaman dan semudah mungkin.

“Kami berharap kehadiran Kereta Feeder dapat menarik masyarakat untuk menggunakan Kereta Cepat Whoosh yang merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara,” kata Joni.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *