Benarkah teh hitam efektif menurunkan risiko diabetes? : Okezone kesehatan

BANYAK orang suka minum teh hitam hangat. Apalagi saat hujan, teh hangat sangat nikmat dan nyaman diminum.

Kutipan dari India Times dari penelitian baru dari Universitas Adelaide di Australia dan Universitas Tenggara di Cina, yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) tahun ini di Hamburg, teh hitam dapat mengurangi risiko penyakit diabetes. diabetes.

teh hitam

Teh hitam adalah jenis teh teroksidasi penuh yang telah mengalami fermentasi mikroba. Disebut teh hitam karena daunnya teroksidasi dan berubah menjadi hitam.

BACA JUGA:

Peneliti menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi teh hitam setiap hari memiliki risiko pradiabetes 53% lebih rendah dan risiko diabetes tipe 2 47% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi teh hitam sama sekali. Namun, faktor risiko diabetes seperti usia, jenis kelamin, etnis, dan indeks massa tubuh (BMI) juga ikut diperhitungkan.

Data diambil dari studi cross-sectional yang melibatkan 1.923 peserta dewasa – 436 di antaranya menderita diabetes, 352 menderita pra-diabetes, dan 1.135 memiliki kadar glukosa darah normal.

Peserta penelitian termasuk mereka yang tidak terbiasa minum teh dan mereka yang hanya minum satu jenis teh di masa lalu. Dalam studi ini, peneliti menyelidiki hubungan antara frekuensi dan jenis konsumsi teh dengan ekskresi glukosa urin, resistensi insulin, dan status glikemik.

BACA JUGA:

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, meminum teh hitam dapat membantu menurunkan risiko diabetes karena dua alasan. Pertama, teh hitam meningkatkan resistensi insulin sehingga tubuh kita lebih mampu mengontrol kadar gula darah. Kedua, teh hitam berkontribusi terhadap peningkatan ekskresi glukosa melalui urin, sehingga kadar gula darah kurang terkendali.

Ikuti berita Okezone berita Google


Selain memberikan manfaat penurun diabetes, teh hitam juga dipercaya dapat mengurangi rasa kantuk. Pasalnya, teh hitam memiliki kandungan kafein paling tinggi dibandingkan teh lainnya.

Namun sebenarnya kandungan kafein pada teh hitam lebih rendah dibandingkan kopi. Dengan begitu, teh hitam menjadi solusi untuk menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *