Benarkah Sukarno terlahir sebagai bangsawan? Fakta-faktanya adalah: Zona Kelautan Nasional

JAKARTA- Periksa apakah ini benar Sukarno darah bangsawan? Banyak pihak yang menduga sosok presiden pertama RI ini berasal dari silsilah keluarga ternama.

Lantas apakah pernyataan tersebut benar karena faktanya atau hanya sekedar masalah? Hal ini ternyata sejalan dengan fakta pendukung.




Berikut ini Okezone rangkum beberapa sumber terkait kebenaran Soekarno terlahir sebagai bangsawan.

1. Gelar mulia dari ayah

Diketahui, Bung Karno merupakan anak seorang bangsawan Jawa dan wanita Brahmana Bali bernama lengkap Raden Sukemi Sosrodiharjo. Gelar pangkat yang dibubuhkan di awal nama ayahnya menunjukkan bahwa ayah Bung Karna adalah seorang keturunan bangsawan Sultan Kediri.

2. Gelar mulia dari ibu

Tak hanya itu, fakta lain juga menjelaskan bahwa akhlak mulia yang dimiliki Soekarno rupanya berasal dari ibunya. Ibu dari Presiden Republik Indonesia adalah seorang bangsawan dari kerajaan Singaraja bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Nenek moyangnya adalah pejuang kemerdekaan

Fakta lain yang juga mendukung bahwa tokoh Ir Soekarn adalah anak bangsawan adalah terkait dengan silsilah keluarganya. Sebab diketahui nenek moyang dari pihak ibu adalah pejuang kemerdekaan terkenal yang gugur di medan perang melawan penjajah pada Perang Puputan di pantai utara Bali.

Perjuangannya pun dilakukannya untuk mengusir penjajah agar penjajah Belanda tidak merampas kekayaan kerajaan Singaraja.

Ini adalah informasi terlampir terbaru untuk Anda. Semoga ulasan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan sejarah ilmu pengetahuan.

(rin)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *