Batas Waktu Pendaftaran Calon Wakil Presiden 2024: National Okezone

JAKARTA- Batas akhir pendaftaran calon presiden dan wakil presiden 2024 diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam jumpa pers di Media Center KPU Jakarta, Senin (16 Oktober 2023).

Dalam kesempatan tersebut, Hasyim Asy’ari selaku Ketua KPU, beberapa anggota KPU dan Bernad Dermawan Sutrisno selaku Sekretaris Jenderal KPU menjelaskan beberapa hal penting terkait pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden tahun 2024. pemilu.



Salah satunya adalah pembukaan dan batas waktu pendaftaran calon presiden dan wakil presiden tahun 2024. “Kami memandang perlu untuk menginformasikan kepada masyarakat, masyarakat luas, dan pemilih Indonesia mengenai kegiatan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2024. Pemilu 2024,” kata Hasyim seperti dikutip dari situs resmi KPU, Kamis (19/10/2023).

Dijelaskan dalam situs tersebut, waktu pendaftaran calon presiden dan wakil presiden akan berlangsung pada tanggal 19 hingga 24 Oktober 2023, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan batas waktu pendaftaran adalah tanggal 25 Oktober 2023 pukul 08:00-23:59 WIB.

Setelah proses pendaftaran ditutup, langkah selanjutnya adalah KPU melakukan verifikasi persyaratan pencalonan dan persyaratan calon. Baru setelah itu para calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani.


Ikuti berita Okezone berita Google


Rencananya pemeriksaan kesehatan calon presiden dan wakil presiden akan digelar di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Lebih lanjut, Idham Holik, salah satu anggota KPU menjelaskan, pasangan calon yang didaftarkan oleh partai atau gabungan partai memiliki minimal 20 persen kursi DLR atau minimal 25 persen suara DLR pada Pemilu 2019, dan partai-partai tersebut akan memperoleh 25 persen suara DLR. menjadi bagian dari peserta pemilu 2024.

Idham juga mengatakan, partai politik atau gabungan partai politik yang telah melengkapi syarat pencalonan calon presiden dan wakil presiden harus memenuhi seluruh persyaratan administrasi.

Pasalnya, KPÚ hanya menerima pendaftaran jika dokumen calon sudah lengkap. Jika dokumen tidak lengkap, maka akan dikembalikan kepada partai atau gabungan partai dan harus diperbaiki tanpa penundaan selama masa pendaftaran.

Demikian informasi mengenai batas waktu pendaftaran capres dan cawapres 2024.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *