Api TPST Bantargebang berhasil dikendalikan, petugas melakukan pendinginan: Okezone Megapolitan

JAKARTA Api yang menimpa Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) BantargebangKota Bekasi, Jawa Barat, berhasil direbut pada Minggu (29 Oktober 2023).




Badan Lingkungan Hidup (LH) bersama Korps Pengendalian dan Penyelamatan Kebakaran (Gulkarmat) DKI Jakarta berhasil menemukan dan mengendalikan penyebaran api di lokasi kebakaran dalam waktu tiga jam. Saat ini petugas sedang melakukan proses pendinginan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Gulkarmat DKI dan Kota Bekasi untuk tanggap cepat pemadaman api, dengan puluhan mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

“Sejauh ini kami telah memantau 4 unit mobil UPST tangki air, 2 unit mobil pemadam kebakaran UPST, 15 unit mobil pemadam kebakaran dari DKI Jakarta, 4 unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Bekasi. Kami juga telah mengerahkan puluhan unit ekskavator untuk menjungkirbalikkan sampah dan air yang terbakar. dalam proses pendinginan, alhamdulillah ada kekurangannya, dalam waktu 3 jam kita berhasil menyelesaikannya, kata Asep.

Asep mengatakan, berdasarkan informasi di lapangan, kebakaran terjadi pada pukul 14.15 WIB. “Api pertama kali muncul di Zona 2 TPST Bantargebang, depan lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa),” ujarnya.

Selain itu, Asep juga menambahkan, Zona 2 yang menjadi titik awal kebakaran bukan merupakan zona aktif dan bersumber dari sampah kering yang terbawa angin.

“Saat ini api sudah berhasil ditemukan dan terkendali. Kami masih memiliki armada mobil pemadam kebakaran di lokasi,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sebelumnya pernah terjadi kebakaran di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (29/10/2023), dikabarkan akibat cuaca panas. Satu unit pemadam kebakaran DKI-Bekasi dan satu unit mobil tangki dinas lingkungan hidup diterjunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Pukul 14.15 WIB terjadi kebakaran di TPST Bantargebang, tampaknya kebakaran tersebut disebabkan pengaruh cuaca panas. Berdasarkan koordinasi dan pemantauan, pihak pemadam kebakaran DKI dan Kota Bekasi juga sedang melakukan operasi pemadaman. sebagai kapal tanker pendukung Dinas LH,” kata Dirut DKI dalam keterangan BPBD Isnawa Adji.

Isnawa mengatakan, petugas gabungan masih melakukan pemadaman.

“Iya betul (pemadaman dilakukan petugas gabungan),” ujarnya

Video amatir yang diperoleh MNC Portal Indonesia memperlihatkan api tampak berwarna jingga dan asap hitam membubung tinggi ke udara.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *