Apakah tidak membayar Pinjol bisa mengakibatkan hukuman penjara? : Okezone Ekonomi

JAKARTA – Kegagalan pembayaran pohon pinus bisakah kamu dipenjara Pertanyaan ini sering muncul sekarang, karena banyak orang yang terjerumus ke dalamnya pinjaman online (Pohon pinus).

Kehadiran Pinjol sebenarnya bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan dana dengan cepat. Sayangnya, suku bunga yang tinggi, jangka waktu pelunasan yang terlalu singkat, jumlah pinjaman yang melebihi kemampuan mereka, dan faktor-faktor lain menyebabkan nasabah sering kesulitan membayar kembali pinjamannya sehingga berujung pada gagal bayar atau gagal bayar.

Jika ya, apakah Anda bisa dipenjara jika gagal membayar pinjaman?

Sejauh ini, belum ada undang-undang yang mengancam nasabah jika gagal bayar pinjaman online. Padahal, nasabah yang tidak mampu melunasi utangnya sesuai kesepakatan tidak bisa dipenjara berdasarkan UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Pasal 19 ayat 2.

“Tidak seorang pun, berdasarkan perintah pengadilan, dapat dijatuhi hukuman penjara atau penjara karena kegagalan memenuhi kewajiban berdasarkan perjanjian hutang dan tagihan.”

Namun nasabah yang tidak membayar utangnya tetap akan mendapat denda tambahan, yaitu:

  • Masuk daftar hitam OJK

Jika Anda tidak melakukan pembayaran hutan dengan pinjaman resmi OJK, maka salah satu sanksi yang Anda terima adalah masuk daftar hitam. Status ini akan terlihat pada SLIK OJK yang dapat diakses oleh setiap lembaga keuangan.

Oleh karena itu, Anda akan kesulitan jika meminta pinjaman lain kepada bank atau lembaga keuangan sesuai OJK.

Ikuti berita Okezone berita Google


  • Bunga dan denda menumpuk

Denda lain yang perlu Anda waspadai adalah bunga atau denda pinjaman Anda akan terus bertambah sehingga utang akan bertambah. Faktanya, dalam beberapa kasus, pelanggan tidak mungkin membayar kembali jumlah tersebut.

OJK sendiri telah menetapkan bunga dan denda keterlambatan pembayaran maksimal 0,8 persen per hari dengan denda keterlambatan pembayaran maksimal 100 persen dari pokok pinjaman.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan mengajukan keringanan bunga atau memperpanjang jangka waktu pelunasan.

Sanksi terakhir yang cukup mengkhawatirkan adalah DC atau debt collector datang menagih. DC awalnya akan menagih melalui email, SMS atau telepon.

Namun jika tidak segera dibayarkan, DC tak segan-segan menagihnya ke pemesan. Jika Anda meminjam dari pinjol ilegal, DC bahkan bisa meneror keluarga Anda, orang-orang tercinta bahkan kantor Anda. Ini bukan hanya tidak menyenangkan, tapi juga memalukan.

Ini informasinya Pinjolu yang tidak bayar bisa dipenjara?

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *