Apakah Anda suka menggunakan Power Bank? Berikut 5 tips aman agar baterai ponsel terhindar dari kerusakan: Okezone techno

JAKARTA – Baterai eksternal telah menjadi aksesori penting bagi pengguna ponsel karena ponsel memiliki daya tahan baterai terbatas tergantung pada penggunaan sehari-hari.

Keberadaan power bank bisa menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan daya tahan baterai ponsel. Dengan membawa power bank, pengguna ponsel dapat terus menggunakan ponselnya tanpa perlu khawatir baterai akan terkuras habis.

Namun tahukah Anda kalau menggunakan power bank dalam jangka waktu lama bisa merusak baterai ponsel Anda? Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, berikut lima tips cara menggunakan power bank dengan aman agar tidak merusak baterai ponsel Anda.

Jangan biarkan bank daya terkena suhu tinggi

Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak bank daya dan perangkat seluler Anda. Jangan biarkan power bank terkena sinar matahari langsung atau meletakkannya di dekat sumber panas seperti lemari es atau oven.

Gunakan kabel USB berkualitas

Kabel USB berkualitas tinggi memastikan transfer daya yang stabil dan tidak merusak baterai ponsel. Saat memilih kabel USB, pastikan Anda membelinya dari produsen terpercaya untuk menjamin kualitas dan keamanan yang lebih baik. Meskipun kabel USB berkualitas mungkin sedikit lebih mahal, investasinya sepadan dengan manfaat yang diberikannya dalam jangka panjang.

Hindari mengisi daya semalaman

Meskipun bank daya dirancang untuk mengisi daya perangkat seluler Anda dengan aman, bank daya tidak disarankan untuk mengisi daya dalam semalam. Powerbank yang terus-menerus dihubungkan ke sumber listrik saat penuh dapat mengalami overcharge, yaitu proses pengisian daya yang berlanjut setelah baterai mencapai kapasitas penuh.

Pengisian daya yang berlebihan dapat merusak baterai bank daya, memperpendek umur baterai, dan bahkan menyebabkan kerusakan serius.

Ikuti berita Okezone berita Google


Gunakan powerbank yang berkualitas

Menggunakan power bank yang berkualitas sangatlah penting karena power bank yang berkualitas buruk dapat menimbulkan sejumlah masalah dan risiko yang dapat mempengaruhi kinerjanya dan kinerja perangkat Anda. Bank daya berkualitas buruk mungkin tidak menyediakan daya yang stabil atau efisien, sehingga dapat memperlambat pengisian daya ponsel Anda atau bahkan merusaknya dalam jangka panjang.

Jangan biarkan power bank kehabisan daya

Anda sebaiknya menghindari meninggalkan power bank sampai dayanya benar-benar habis, karena hal ini dapat mempengaruhi kinerja dan masa pakai power bank Anda. Mengosongkan baterai hingga habis dapat menyebabkan kondisi yang disebut “pengosongan dalam” yang dapat merusak baterai secara permanen.

Itulah lima tips aman menggunakan powerbank agar tidak merusak baterai ponsel. Saya harap ini bermanfaat. (Salsabila Nur Azizah)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *