Apakah 6 juta UKM terkena dampak setelah TikTok ditutup? Inilah faktanya: Perekonomian Laut

JAKARTA – Penutupan Toko TikTok menghasilkan percakapan yang menarik. Pasalnya, penutupan toko TikTok dilaporkan berdampak pada 6 juta UKM dan 7 juta afiliasinya.

Meski ada pengakuan dari salah satu staf khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari mengatakan, berdasarkan pertemuan dengan TikTok pada Juli tahun lalu, pihaknya mendapat informasi bahwa hanya ada 2 juta UKM di negara ini. Toko TikTok.

“Tiga bulan lalu kami mengundang TikTok Indonesia untuk melaporkan kepada kami hanya 2 juta UMKM,” kata Fiki dalam wawancara khusus di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Fiki mengaku sedikit kaget karena sebenarnya TikTok mengumumkan ada 6 juta UMKM dan 7 juta afiliasi, artinya 13 juta terdampak setelah Tiktok Shop ditutup. Fikri meminta data masing-masing vendor dengan melakukan Know Your Customer (KYC) dengan meminta NPWP dan NIB seluruh vendor.

Dari keterangan Okezone, Jumat (6/10/2023), Fiki menyimpulkan data yang diberikan TikTok merupakan klaim sepihak dan tidak berdasarkan data sebenarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Oleh karena itu, pihaknya meminta data tersebut dapat menyelesaikan berbagai permasalahan khususnya terkait barang impor murah yang akan dijual di toko TikTok. Namun Fiki mengatakan TikTok hanya memiliki data berupa sampel.

Baca selengkapnya: Benarkah 6 Juta Usaha Kecil dan Menengah Terdampak Pasca Penutupan Toko TikTok?

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *