Adakah hubungan antara nyeri dada saat menguap dan TBC? : Okezone kesehatan

TBC atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Bakteri tersebut dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas disertai batuk kronis.

Seseorang yang mengidap TBC harus dirawat secara rutin selama berbulan-bulan agar tetap sehat. Pengobatan tidak boleh dihentikan selama jangka waktu yang ditentukan sampai pasien dinyatakan sembuh total.

batuk

Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan (RSUP), dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) mendengar kabar seorang pasien yang dinyatakan sembuh dari TBC dan tidak menunjukkan gejala, namun orang tersebut mengalami nyeri dada setelah menguap.

Lantas apakah ada hubungan antara nyeri dada dan TBC?

BACA JUGA:

Dr Erlina mengatakan, hal itu bisa jadi merupakan sisa tanda kerusakan paru-paru yang menyebabkannya menetap atau mengeras.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Bisa di sekitar diafragma atau paru-paru bagian bawah. Jadi saat menarik napas panjang atau menguap, ada tarikan yang membuat dada bagian bawah terasa tidak nyaman,” tulis dr Erlina dalam cuitan di Twitter atau X @erlinaburhan.

Dr Erlina menambahkan, tidak perlu khawatir karena kejadian ini tidak terjadi terus menerus.

“Lama-kelamaan biasanya berkurang, bahkan ada yang tubuh orangnya beradaptasi hingga tidak lagi merasakan keluhan tersebut,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *