ACMF sukses pasarkan empat capaian pasar modal berkelanjutan, apa saja? : Okezone Ekonomi

Jakarta-Asean Capital Markets Forum (ACMF) yang diselenggarakan di Bali berhasil mencanangkan empat capaian baru terkait pembangunan pasar modal berkelanjutan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku ketua Indonesia di ACMF mengatakan, hasil pertemuan tingkat tinggi ini dapat menjadi pedoman bagi regulator pasar modal di Asia Tenggara.

Alhamdulillah presidensi kita cukup efektif. Ada beberapa hal yang sangat penting dalam pertemuan intensif tingkat tinggi yang kita lakukan, termasuk empat capaian, kata Direktur Jenderal Pengawasan Pasar Modal Derivatif Keuangan dan Pertukaran Karbon OJK Inarno Djajadi dalam konferensi pers Padma. Resorts Legian , Bali, Selasa (17.10.2023).

Pencapaian pertama adalah diterbitkannya ASEAN Transition Finance Guidance. Hal ini menjadi panduan bagi regulator pasar modal dalam menerapkan sistem keuangan berkelanjutan yang menekankan pada rencana transisi rendah karbon.

Selain itu, OJK dan regulator lainnya sepakat untuk merevisi ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) yang merupakan standar penerapan tata kelola perusahaan berdasarkan prinsip tata kelola perusahaan yang dikeluarkan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). .

“Scorecard ini akan digunakan bagi perusahaan-perusahaan publik teratas di ASEAN mulai tahun 2023,” jelas Inarno.

Scorecard digunakan untuk menilai praktik tata kelola perusahaan publik di Asia Tenggara.

Pencapaian ketiga ACMF adalah mendorong peningkatan keterbukaan informasi keberlanjutan melalui kerja sama dengan Dewan Standar Keberlanjutan Internasional (ISSB). ISSB dikenal sebagai badan independen yang mengembangkan dan menyetujui standar pengungkapan keberlanjutan. ISSB berada di bawah pengawasan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS).

Keempat, ASEAN Collective Investment Scheme Handbook – Sustainable and Responsible Fund (CIS-SRF) for Green Lane, yaitu kantong regulator untuk memfasilitasi keuangan berkelanjutan dengan memberikan akses pasar yang lebih baik terhadap produk investasi kolektif ramah lingkungan yang berkelanjutan.

“Ini untuk memfasilitasi penawaran reksa dana lintas batas (untuk melintasi perbatasan) berkelanjutan. “Tentu saja hal ini sejalan dengan komitmen net zero emisi,” ujarnya.


Ikuti berita Okezone berita Google


(FDA)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *