9 Tips Mengurangi Risiko Keguguran pada Ibu Hamil : Okezone health

Keguguran (aborsi). adalah hal yang paling menakutkan bagi setiap wanita hamil. Seperti diketahui, keguguran adalah hilangnya kehamilan secara tiba-tiba sebelum minggu ke-20.

Uniknya, sekitar 10 hingga 20 persen kehamilan berakhir dengan keguguran. Hal ini terjadi karena keguguran terjadi sebelum orang tersebut menyadari bahwa dirinya hamil.

Kebanyakan keguguran tidak terkendali dan terjadi karena janin berhenti tumbuh. Meskipun hal ini tidak selalu dapat dihindari sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko keguguran dan menjaga kesehatan Anda dan janin selama kehamilan.

Berikut beberapa tips yang harus dilakukan, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (17/10/2023).

1. Dapatkan perawatan prenatal secara teratur selama kehamilan dan segera setelah kelahiran.

2. Minum multivitamin setiap hari.

3. Batasi kafein Banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 200 miligram per hari selama kehamilan. Efek kafein pada bayi yang belum lahir masih belum jelas, dan jumlah yang lebih banyak dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.

4. Jangan merokok selama hamil

5. Jangan minum alkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang selama kehamilan

Tips mengurangi risiko keguguran

6. Makan makanan yang sehat dan seimbang dengan minimal 5 porsi buah dan sayur sehari

7. Usahakan menghindari infeksi tertentu selama kehamilan, seperti rubella

8. Hindari makanan tertentu selama hamil yang dapat membuat Anda sakit atau membahayakan bayi Anda

9. Pertahankan berat badan yang sehat sebelum hamil

Berat

Obesitas meningkatkan risiko keguguran. Cara terbaik untuk melindungi kesehatan Anda dan bayi Anda adalah dengan menurunkan berat badan sebelum Anda hamil.

Dengan mencapai berat badan yang sehat, Anda mengurangi risiko yang terkait dengan obesitas selama kehamilan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara menurunkan berat badan.

Hingga saat ini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa menurunkan berat badan saat hamil dapat menurunkan risiko keguguran, namun sebaiknya konsumsi makanan sehat dan lakukan aktivitas seperti jalan kaki dan berenang selama hamil.

Ikuti berita Okezone berita Google


Pengobatan penyebab yang teridentifikasi

Terkadang penyebab keguguran mungkin diketahui. Dalam kasus ini, pengobatan mungkin dapat dilakukan untuk mencegah keguguran lagi.

Sindrom antifosfolipid Sindrom antifosfolipid (APS), juga dikenal sebagai sindrom Hughes, adalah suatu kondisi yang menyebabkan pembekuan darah. Hal ini dapat diobati dengan obat-obatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi aspirin dan heparin (obat yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah) dapat meningkatkan hasil kehamilan pada wanita dengan kondisi tersebut.

Serviks yang melemah Serviks yang melemah, juga dikenal sebagai inkompetensi serviks, dapat diobati dengan pembedahan untuk memasang jahitan kecil dengan benang kuat di sekitar serviks agar tetap tertutup. Hal ini biasanya dilakukan setelah 12 minggu pertama kehamilan.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *