8 Fakta IKN Jokowi Tiap Bulan Klaim Groundbreaking Jadi Kota Zero Carbon Pertama di Indonesia: Okezone Economy

JAKARTA – Presiden Joko Widodo secara khusus meminta agar setidaknya pada tahap awal pembangunan Ibu Kota (IKN), dilakukan peletakan batu pertama setiap bulannya. Salah satu tujuannya adalah mempercepat terwujudnya IKN sebagai kota bebas karbon pertama di Indonesia.

Berikut 8 fakta IKN-nya Jokowi yang setiap bulan meminta terobosan untuk menjadi kota zero-carbon pertama di Indonesia, dirangkum Okezone, Minggu (10/1/2023):

1. Permintaan dan alasan Jokowi mengadakan acara peletakan batu pertama setiap bulannya di IKN

Permintaan Jokowi untuk mengadakan groundbreaking di IKN setiap bulannya didasari oleh harapan agar groundbreaking dapat menjadi katalisator pengembangan IKN. Kedepannya, Jokowi berharap semakin banyak sarana dan prasarana yang dibangun di IKN, baik hotel, rumah sakit, universitas, hingga tempat wisata.

“Setiap bulan pasti ada groundbreaking lagi dan saya akan datang ke sini setiap bulan dan jadwalnya sudah ada di Kepala Kantor (IKN),” kata Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Hotel Vasanta di IKN. menggabungkan.

Selain itu, upaya untuk menunjukkan bahwa tidak hanya pemerintah, pengusaha juga berpartisipasi dalam pengembangan IKN juga merupakan sebuah terobosan

“Kami hanya ingin menyampaikan kepada dunia usaha bahwa pembangunan di ibu kota nusantara ini tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah, tetapi juga dunia usaha,” tegas Jokowi.

2. Perspektif pengelolaan pengendalian banjir di IKN

Sistem penanganan banjir juga menjadi bagian dari pembangunan IKN. Untuk mencegah banjir, beberapa di antaranya sedang dibangun di kawasan IKN, yakni Bendungan Sepaku Semoi dan Inlet Sungai Sepaku.

Pembangunan bendungan Sepaku Semoi sendiri mencapai 86,21% (24 September 2023). Tujuan dari pembangunan bendungan ini adalah untuk mengurangi banjir sebesar 55,26% atau 231,81 m3/s.

Selain itu, terdapat infrastruktur lain yang juga mampu menangani banjir, seperti Daerah Aliran Sungai (DAS) 1A di kawasan KIPP yang sedang dibangun di IKN dengan persentase penyelesaian 18,53%. Pembangunan DAS ini akan memberikan kinerja infrastruktur seperti 1 kolam retensi, 19 check dam, 6 bottom checker, 215 bendungan pengendali banjir, dan bangunan pembuangan air.

3. Persentase penyelesaian pembangunan IKN

Persentase penyelesaian pembangunan IKN sedikitnya mencapai 40%. Pembangunan yang dimaksud mencakup seluruh infrastruktur dasar, kantor pemerintahan, serta fasilitas umum dan sosial.

Pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi jalan, air minum, limbah dan limbah. Lalu juga kantor pemerintahan, tempat ibadah, kantor kepresidenan, istana dan lain-lain.

Progres pembangunan IKN Nusantara sekitar 40% dan pada tahun 2024 saya akan menjadi salah satu orang pertama yang datang live di sini, kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulis.

4. Gambaran beberapa detail perkembangan infrastruktur IKN saat ini

Pertama, pembangunan tol Balikpapan-IKN Nusantara. Diperkirakan jalan tol ini mampu mempersingkat waktu berkendara lebih dari 1 jam. Dari perjalanan awal yang memakan waktu 2 jam, setelah tol ini dibangun diperkirakan perjalanan dari Balikpapan menuju IKN atau sebaliknya hanya memakan waktu 30-45 menit. Diperkirakan, pengerjaan pembangunan jalan tol tersebut akan berakhir pada pertengahan tahun 2024

Kedua, pembangunan istana presiden. Istana Kepresidenan akan dilengkapi instalasi 465 modul yang masing-masing terdiri dari 10 lembar daun Garuda. Jadi, total 4.650 bilah Garuda akan dipasang di Kantor Presiden ke depan. Istana Kepresidenan ditargetkan rampung pada Maret 2024.

Ketiga, Rusun ASN. Beberapa pegawai negeri sipil (ASN) yang dipekerjakan IKN nantinya akan ditempatkan di rumah susun (Rusun) yang terbagi dalam 47 tower. Fungsi utama rusun tersebut adalah sebagai perumahan yang akan digunakan baik oleh ASN maupun Pejabat Pertahanan dan Keamanan (Hankam) TNI/Polri.

Keempat, tempat pendaratan menteri. Rumah menteri daratan juga akan dibangun di Kawasan Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Unit yang sedang dibangun sebanyak 36 unit rumah keluarga tunggal, dimana 24 unit diantaranya berada di kavling 104, sisanya 12 unit di kavling 105. Rumah kavling yang sedang dibangun sudah lengkap dengan peralatan, prasarana dan utilitasnya dan dijadwalkan selesai pada awal Juni. 2024.

Ikuti berita Okezone berita Google


5. Perayaan HUT Republik Indonesia Tahun 2024 dilaksanakan di IKN

Upacara Hari Ulang Tahun Indonesia (HUT) Tahun 2024 rencananya akan digelar di IKN Kalimantan Timur.

“Banyak yang tidak percaya, jadi tidak pak, buktikan sendiri kalau upacaranya (17 Agustus 2024) Insya Allah sudah siap,” kata Kepala Kantor IKN Bambang Susantono kepada Berkelanjutan. Acara Action for Future Economy (SAFE) di Jakarta, Selasa lalu, 26 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang kembali menjelaskan bahwa pemindahan IKN hampir tidak mungkin tidak terjadi, karena seluruh infrastruktur dasar IKN sudah selesai dibangun, sedang dibangun istana presiden, kantor Kementerian Koordinator, dan Gedung DPR. Gedung Pertahanan ASN dan Gedung Menteri yang ke depan akan berkedudukan di IKN.

Meski demikian, Bambang menegaskan, pembangunan IKN tidak akan berakhir pada tahun 2024. Sebaliknya, justru akan terus membentuk ekosistem baru kota hingga tahun 2045.

“Tapi tolong jangan anggap remeh, tidak semuanya harus selesai di tahun 2024, tidak. IKN ini akan menjadi kota masa depan yaitu kota masa depan, kita akan bangun pada tahun 2045,” kata Bambang.

6. IKN Mengusung Konsep Smart City

Pengembangan IKN akan difokuskan pada penerapan konsep smart city. Mulai dari aspek perencanaan, pembangunan hingga pengelolaan kota, teknologi terbarukan akan diadopsi. Salah satu alasannya adalah karena teknologi terbarukan dinilai lebih efisien dibandingkan energi konvensional.

Menurut Bambang, jika melihat rencana pembangunan kota yang sudah berjalan, tidak menutup kemungkinan akan ada taksi terbang pada tahun 2045.

Jadi jangan kaget kalau tahun 2045 sudah ada taksi terbang di nusantara, sekarang konsepnya sudah terbukti, ada kontribusi dari Hyundai Motor Corporation, kata Bambang.

Selain itu, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital IKN Ali Berawi menyampaikan pendapatnya bahwa pengembangan IKN akan membawa dampak lompatan dalam hal pemanfaatan teknologi yang belum pernah diterapkan di kota-kota lain di Indonesia. .

“IKN akan dibangun pada tahun 2045, kita akan melakukan lompatan teknologi, kita akan menguasai teknologinya. Kita akan menjadi yang terdepan dalam pemanfaatan teknologi dan perkembangan teknologi,” kata Ali saat ditemui portal MNC di Gedung DPR beberapa waktu lalu. waktu lalu.

Karena IKN merupakan smart city yang dibangun untuk masa depan, Ali mengungkapkan banyak perusahaan global yang akhirnya tertarik untuk berpartisipasi.

7. Jawaban Kepala Kantor IKN kepada Jokowi yang setiap bulannya meminta terobosan

Ketua Otoritas IKN (OIKN) Bambang Susantono mengaku siap dengan rencana Jokowi yang meminta terobosan setiap bulannya. Dalam kesempatan tersebut, ia mengungkapkan saat ini ada 20 pelaku usaha yang siap di IKN, semuanya merupakan pelaku usaha lokal. Peletakan batu pertama akan dimulai November mendatang.

“Masih banyak lagi yang antri dan kita mau groundbreaking. Ada beberapa, saya akan lapor dulu ke beliau (Presiden Jokowi). Tapi calon investornya sekitar 20-an (untuk groundbreaking),” kata Bambang, September 26 Agustus 2023.

Berdasarkan penjelasannya mengenai terobosan tersebut, ada 3 pengusaha yang sudah melakukannya. Yang pertama dari Konsorsium Nusantara yang dipimpin Agung Sedayu Group. Penemuan kedua RS Abdi Waluyo Nusantara. Ketiga, groundbreaking pembangunan Hotel Vasanta.

8. IKN menjadi kota nol karbon pertama di Indonesia

Menurut Bambang, IKN Nusantara akan menjadi kota zero carbon pertama di Indonesia. Bahkan ia menambahkan, IKN bisa menjadi kota bebas karbon pertama di Indonesia pada tahun 2030. Pasalnya, 65% wilayah IKN merupakan hutan tropis. Dengan demikian, IKN harus mampu menyerap lebih banyak karbon yang dihasilkan nantinya.

“Kami berpikir bahwa pada tahun 2030, IKN bisa menjadi kota netral karbon, namun teman saya, presiden dan CEO World Research Institute, mengatakan bahwa IKN harus lebih dari itu, tidak hanya kota netral karbon, tetapi juga kota karbon negatif. . ujar Bambang.

IKN telah memiliki fasilitas pembibitan di sekitarnya. Kapasitas produksi bibit pohon bisa mencapai 15 juta pohon per tahun. Luas total IKN sendiri sekitar 250.000 hektar. Sedangkan luas hutan tropis kurang lebih 150.000 hektar.

OIKN juga telah menyiapkan target yang berkomitmen terhadap penurunan emisi lokal atau Local Depended Commitment (LDC).

LDC rencananya akan dirilis pada Konferensi Perubahan Iklim PBB, atau COP 28, di Dubai, Uni Emirat Arab, akhir tahun ini. Bambang menjelaskan, isi LDC adalah rencana dan rencana IKN mengenai target penurunan emisi dalam upaya melawan perubahan iklim.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *