6 Tips Perawatan Cat Mobil di Cuaca Ekstrem : Okezone Automotive

JAKARTA – Saat cuaca ekstrem melanda, perawatan mobil juga perlu ditingkatkan. Dan yang memperumitnya, selain terlalu panas, cuaca kerap berubah menjadi hujan yang sulit diprediksi.

Tentu saja semua itu dapat mempengaruhi kondisi mobil, terutama cat yang tentunya bisa memudar jika tidak hati-hati.

BACA JUGA:

Oleh karena itu, untuk menjamin keawetan cat mobil di cuaca ekstrem, pemilik kendaraan harus memberikan perhatian khusus terhadap perawatan mobil. Sehingga mobil tetap bersinar meski terkena panas, debu atau hujan.

Ingin tahu bagaimana melakukannya secara efektif? Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (28 September 2023), simak ulasannya berikut ini.

1. Parkirkan mobil di tempat teduh

Menyimpan kendaraan roda empat Anda di tempat yang terlindung, seperti garasi, di bawah pohon rindang, atau di tempat parkir tertutup merupakan langkah cerdas.

Saat cuaca sedang sangat panas, menempatkan mobil di lingkungan yang sejuk agar terlindung dari sinar matahari langsung atau hujan dapat membantu mencegah cat mobil cepat pudar.

2. Cuci mobil setelah hujan

Setelah terkena air hujan, disarankan untuk segera mencuci dan mengeringkan mobil. Tujuannya untuk menghilangkan asam pada air hujan yang dapat merusak cat mobil dan menimbulkan jamur.

Tidak perlu menggunakan sabun, cukup bilas dengan air bersih untuk menghilangkan air hujan pada permukaan mobil dan pastikan kering dengan baik agar debu tidak mudah menempel pada mobil.

BACA JUGA:

3. Hindari sinar matahari langsung

Menjemur mobil di bawah sinar matahari langsung dapat mengurangi intensitas warna cat. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada mobil secara berlebihan, agar warna cat tetap awet dan berkilau lebih lama.

Ikuti berita Okezone berita Google


4. Tutupi mobil dengan terpal

Pemilik kendaraan diimbau menutup mobilnya dengan terpal. Tujuannya agar cat mobil tetap awet dan berkilau di cuaca ekstrem. Namun hal ini tidak disarankan untuk penggunaan normal.

Meninggalkan mobil di luar pada malam hari atau saat cuaca hujan dapat menyebabkan permukaan mobil menjadi basah. Kelembapan merupakan lingkungan yang ideal bagi tumbuhnya jamur, sehingga harus dihindari agar mobil tidak mudah terserang jamur.

5. Hindari embun malam

Bukan hanya tubuh manusia saja yang terkena dampaknya jika sering terkena embun malam, hal serupa juga terjadi pada cat mobil Anda.

Ibarat air hujan, embun malam juga mengandung asam. Oleh karena itu, sebaiknya simpan mobil di tempat tertutup, seperti garasi.

6. Gunakan wax sesuai kebutuhan

Anda bisa menggunakan wax untuk merawat cat mobil Anda, namun Anda harus berhati-hati agar tidak berlebihan, karena penggunaan wax yang berlebihan dan terlalu sering dapat menyebabkan cat mobil Anda luntur.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan wax seperlunya agar cat mobil tetap berkilau dan tahan lama.

Viranika Trio Anggraini

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *