5 Manfaat Makan Rambutan, Salah Satunya Mampu Menurunkan Berat Badan: Okezone Health

RAMBUT merupakan buah tropis yang tumbuh secara musiman di Indonesia. Biasanya rambutan mulai dijual di toko buah sekitar bulan November hingga Februari.

Buah ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan karena banyak mengandung air. Selain rasanya yang lezat, buah rambutan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah rambutan mengandung vitamin C, vitamin A dan vitamin B9 folat serta mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, seng dan tembaga.

Kelengkapan vitamin pada rambutan membuat buah ini sering disebut sebagai senjata rahasia kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk mengetahui berbagai manfaat rambutan bagi tubuh, simak informasinya yang dirangkum dari Pinkvilla, Senin (2/10/2023), di bawah ini:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kekebalan diciptakan oleh sejumlah sel dan jaringan khusus berbeda yang melawan patogen seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit. Vitamin C telah terbukti memiliki efek besar dalam meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh.

Rambutan mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga rambutan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Ketika imunitas tubuh kuat maka akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Hal ini termasuk meningkatkan sintesis kolagen yang mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antibodi untuk membunuh mikroorganisme dengan cepat, dan bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi kematian sel inang.

Manfaat rambutan untuk tubuh

2. Membantu memperlancar pencernaan

Rambutan kaya akan kandungan serat yang tinggi, baik yang larut maupun tidak larut. Serat tidak larut tetap tidak tercerna dan menambah kotoran pada tinja.

Ini juga membantu melunakkan tinja, sehingga memudahkan keluarnya tinja. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa serat sangat bermanfaat bagi penderita sembelit karena memiliki efek pencahar pada saluran pencernaan.

Sementara serat larut bertindak sebagai prebiotik, memberikan nutrisi kepada bakteri usus yang bertanggung jawab untuk pencernaan serta melawan patogenesis dan peradangan di usus Anda.

3. Membantu Anda menurunkan berat badan

Kandungan serat pada rambutan dicerna dengan sangat lambat sehingga memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Rambutan juga tinggi air dan rendah kalori untuk membuat Anda kenyang tanpa menambahkan terlalu banyak kalori ke dalam makanan Anda.

Jadi, mengonsumsi rambutan bisa membantu menurunkan berat badan.

Ikuti berita Okezone berita Google


4. Jantung sehat

Kaya serat pada rambutan tidak hanya membantu menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Serat makanan yang ada dalam rambutan juga membantu menurunkan kolesterol dengan menjebak molekul lemak dan membuatnya tidak tersedia untuk diserap.

Selain itu, rambutan juga mengandung tembaga yang membantu memperkuat arteri dan melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, kandungan potasiumnya dapat mencegah penebalan pembuluh darah sehingga mencegah masalah serius terkait jantung.

5. Memberikan sifat antioksidan

Kehadiran vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin C, vitamin A, folat dan magnesium, memberikan sifat antioksidan pada sel. Ini melawan kerusakan sel akibat radikal bebas serta mencegah nekrosis sel.

Hal ini bermanfaat untuk menunda penuaan, mengurangi risiko kanker dan penyakit terkait usia seperti Alzheimer dan penyakit kardiovaskular.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *