5 Makanan dan Minuman Penyebab Bau Badan: Kesehatan Laut

KEharuman Mempunyai tubuh yang jelek merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh banyak orang. Ternyata penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Ahli gizi yang berbasis di Kalkuta, India, Dr. Anupam Dey mengatakan, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung belerang dapat menyebabkan tubuh memproduksi keringat yang berbau tidak sedap saat dicium.

“Makanan dan minuman yang dikonsumsi baik untuk kesehatan, namun yang jelas tidak baik untuk bau badan, karena bawang putih, bawang merah, brokoli, kembang kol, dan telur dapat menimbulkan bau tidak sedap,” ujarnya.

Namun mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah banyak menyebabkan senyawa berbau busuk yang dikandungnya keluar melalui kelenjar keringat dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, Anda harus menghindari makanan dan minuman yang menimbulkan bau.

Penyebab bau badan

Lalu makanan dan minuman apa saja yang menyebabkan bau badan? Merangkum dari situs resmi Hindustantimes, Selasa (03/09/2023), yuk disimak.

1. Alkohol

Minuman beralkohol yang dimetabolisme menjadi asetat atau asam asetat dapat menghasilkan keringat di dalam tubuh. Jadi ketika keringat yang bersifat asam dimetabolisme oleh bakteri kulit, keringat tersebut dapat meninggalkan bau yang merupakan ciri khas konsumsi alkohol.

2. Sayuran kucifer

Kembang kol, brokoli, telur, dan susu dapat menyebabkan bau badan. Hal ini disebabkan adanya belerang, senyawa yang berbau seperti telur busuk. Mengonsumsi sayuran cruciferous dapat meningkatkan ketersediaan sulfur pada bakteri kulit, sehingga kemungkinan besar bakteri tersebut memiliki senyawa yang mengandung sulfur.

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Makanan pedas

Menurut Dr Drey, mengonsumsi bawang putih dan bawang bombay bisa menyebabkan bau badan atau ‘bawang putih keringat’. Hal ini disebabkan tingginya konsentrasi senyawa organik volatil (VOC) dalam kandungannya.

Kubis dan kembang kol merupakan makanan yang mengandung belerang. Dengan kata lain, bawang putih pedas membuat mulut berbau harum saat dihirup. Bau ini juga dapat meresap ke dalam pori-pori tubuh sehingga tubuh dapat mencium bau tersebut.

4. Ikan

Ikan dapat menyebabkan bau badan pada orang yang memiliki kelainan genetik yang disebut trimetilaminuria. Itu adalah kondisi ketidakmampuan tubuh dalam memecah senyawa berbau busuk.

5. Daging

Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Chemical Senses menunjukkan bahwa mengonsumsi daging dapat memengaruhi keringat tubuh. Sebuah penelitian kecil yang dilakukan peneliti menempatkan 17 pria yang makan daging atau tidak makan daging selama dua minggu mengalami pengumpulan keringat.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *