5 Langkah Cerdas Menjadi Wisatawan Ramah Lingkungan, Ayo Selamatkan Bumi! : Perjalanan Okezone

WISATAWAN Wisatawan yang ramah lingkungan atau zero-waste adalah praktik yang semakin berkembang seiring dengan perubahan iklim yang parah sebagai salah satu konsekuensi dari wisatawan yang ceroboh.

Salah satu contoh kecil yang bisa dicoba oleh para zero-waste traveller adalah mengelola sendiri sampahnya saat berwisata. Jadi praktik kecil ini bisa menjadi langkah nyata untuk menyelamatkan Bumi dari kerusakan akibat sampah.

Berikut tips menjadi wisatawan ramah lingkungan dikutip dari Instagram Kemenparekraf, Rabu (18 Oktober 2023).

BACA JUGA:

1. Bawalah botol minum sendiri

Bawalah botol air Anda sendiri menggunakan botol isi ulang. Jadi tidak perlu lagi membeli minuman kemasan, yang mana botolnya bisa menjadi sampah botol plastik yang menjadi masalah besar bagi lingkungan.

Ilustratif

2. Membawa tas pribadi atau tas belanja

Biasakan untuk memasukkan tas belanjaan pribadi ke dalam tas, terutama jika Anda gemar berbelanja.

Tas ini dapat meminimalisir penggunaan kantong plastik dan juga mudah dibawa karena dapat dilipat menjadi ukuran kecil agar muat di saku Anda. Menggunakan dompet juga terlihat lebih gaya dibandingkan membawa plastik tentunya!

BACA JUGA:

3. Bawalah peralatan dan perlengkapan dapur sendiri

Mungkin cukup rumit bagi sebagian orang, namun jika Anda mencintai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, hal itu tidaklah sulit.

Dengan membawa tempat dan peralatan makan sendiri, Anda berkontribusi dalam mengurangi sampah kemasan makanan sekali pakai. Keuntungan lainnya adalah makanan akan lebih mudah ditata dan disimpan dengan lebih aman serta tidak mudah tumpah.

Ikuti berita Okezone berita Google


4. Menyiapkan tiket dan dokumen perjalanan dalam bentuk elektronik

Manfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk meminimalisir sampah dari tiket atau dokumen perjalanan yang dapat menjadi sampah.

Selain itu, banyak sekali kemudahan dan manfaat dalam menggunakan E-paper, salah satunya adalah tidak mudah hilang dan lebih aman dari kerusakan.

Ilustratif

5. Membawa perlengkapan kebersihan diri dari rumah

Selain lebih steril dan hemat, membawa perlengkapan mandi sendiri juga cukup efektif mengurangi sampah.

Bawalah beberapa perlengkapan mandi pribadi seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun atau sampo.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *