5 Hal yang Perlu Dilakukan Pemerintah Indonesia Atasi Kasus Cacar Monyet : Okezone Health

Cacar Monyet atau biasa disebut cacar monyet (mpox) saat ini sedang menjadi sorotan masyarakat. Penyakit tersebut semakin menyebar dan saat ini terdapat 27 kasus cacar monyet di Indonesia per 31 Oktober 2023.

Terkait hal tersebut, Direktur Pascasarjana Universitas YARSI, Profesor Tjandra Yoga Aditama mengatakan, untuk mengendalikan epidemi cacar monyet, pengambil kebijakan publik perlu melakukan setidaknya lima hal.

Berdasarkan siaran pers yang diperoleh Okezone.com, Profesor Tjandra juga memberikan beberapa penjelasan dalam kesempatan tersebut.

1. Peningkatan pemahaman (“awareness”) masyarakat luas dan khususnya kelompok berisiko tinggi.

2. Identifikasi kasus atau kasus suspek yang hanya dapat dilakukan dengan pengawasan ekstensif.

Cacar monyet

3. Isolasi kasus harus dipertimbangkan. Ada dua hal dalam isolasi ini. Pertama, mereka yang mengalami gejala juga harus diisolasi sampai diagnosis jelas dibuat bahwa mereka menderita atau tidak menderita cacar monyet.

Kedua, jika ternyata cacar monyet, Anda harus mengisolasi diri sampai semua kelainan kulit hilang dan kulit baru tumbuh tanpa lesi kulit.

4. Pengendalian cacar monyet adalah pelacakan kontak. Jadi, dari 24 kasus yang terjadi selama ini, setiap orang yang pernah kontak dengan pasien tersebut harus diperiksa secara bergantian. Jangan sampai ada yang terlewat lalu dilanjutkan sesuai dengan status kesehatan masing-masing orang.

5. Vaksinasi, baik berupa PPV maupun PEPV. Vaksin PEPV (vaksin profilaksis pasca pajanan) diberikan kepada mereka yang diduga tertular atau memiliki kontak erat, dan jenis kedua adalah PPV (vaksin pencegahan primer) yang diberikan kepada kelompok risiko tinggi.

Ikuti berita Okezone berita Google


(Leo)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *