5 Fakta Pembayaran Bansos Beras Terus Menerus: Okezone Economic

JAKARTA pemerintah memutuskan untuk tetap membayar bantuan sosial berupa beras. Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Presiden Jokowi diketahui menyalurkan bantuan sosial beras KPM tahap kedua sebanyak 10 kg di Padang, Sumatera Barat. Bansos berupa beras disalurkan KPM di Campang Raya, Kota Bandar Lampung. Di sana, Presiden juga meninjau stok pangan di gudang Bulog.

Okezone merangkum empat fakta bansos beras yang terus disalurkan pada Minggu (29/10/2023):

1. Alasan bansos tetap disalurkan untuk beras

Pemerintah terus menyalurkan 10 kg beras bansos untuk 21,3 juta KPM hingga Desember 2023. Hal ini dilakukan guna mengatasi dampak fenomena El Nino.

Ikuti berita Okezone berita Google


2. Berlangsung 4 bulan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan program ini berlangsung selama empat bulan, yakni September hingga Desember karena dampak El Nino yang berkepanjangan.

3. Stok beras di gudang Bulog

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan, stok beras di gudang perseroan mencapai 1,48 juta ton.

“Stok yang saat ini dikuasai Bulog sebanyak 1,48 juta ton. Kalau dikurangi sisa bantuan pangan tahap kedua dan tambahan alokasi Desember, stok kita masih cukup besar,” kata Budi Waseso.

Lanjutnya, Bulog kembali mendapat mandat impor beras sebanyak 1,5 juta ton dan dikontrak sebanyak 700.000 ton pada tahun ini.

4. Adanya kemungkinan perluasan bantuan sosial berupa beras

Presiden Joko Widodo sudah mengindikasikan akan memperpanjang bantuan sosial 10 kg beras kepada KPM hingga Maret 2024. Namun, anggaran penyaluran bansos 10 kg beras tersebut dihitung.

5. Presiden Jokowi ingin menyalurkan bansos menggunakan data Regsosek

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya tetap melaksanakan program bantuan pangan berupa beras hingga Desember mendatang.

Jokowi juga mengarahkan dewan agar memanfaatkan data Regsosek (Pendaftaran Sosial Ekonomi) secara optimal untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *