5 Fakta Dinkes DKI Jakarta yang Temukan Kasus Cacar Monyet, Masyarakat Diminta Tak Panik: Okezone Megapolitan

JAKARTA – Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta tidak panik atas mewabahnya penyakit cacar monyet atau monkeypox.




Zona Samudera merangkum 5 fakta Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan menemukan kasus cacar monyet di ibu kota. Berikut ulasannya:

1. Cacat monyet disebarkan melalui tetesan

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, cacar monyet dapat menular melalui droplet berupa lendir atau air liur yang terkontaminasi lingkungan atau tangan, kontak dengan kulit, luka, cairan tubuh. dan kontak seksual.

2. Kementerian Kesehatan meminta masyarakat tidak panik, namun tetap waspada

“Masyarakat jangan panik tapi waspada,” kata Ngabila, Jumat (20/10/2023).

3. Tips mencegah penyakit cacar monyet menular

Beliau memberikan beberapa tips bagaimana mencegah tertular penyakit cacar monyet.

“Mencuci tangan secara rutin dengan sabun, menghindari kontak kulit dengan orang lain, dan menghindari kontak dengan benda dan alat yang digunakan penderita cacar monyet,” jelas Ngabila.

Ikuti berita Okezone berita Google


4. Ciri-ciri terkena penyakit cacar monyet

Ngabila mengatakan, ciri yang paling mudah terlihat ketika seseorang terjangkit cacar monyet adalah adanya ruam kulit pada tangan, kaki, mulut, wajah, dada, anus, dan alat kelamin.

Pada kontak erat, pasien yang dinyatakan positif cacar monyet disebut Ngabila karena tidak pernah menunjukkan gejala apa pun, sehingga tidak dilakukan usap orofaring atau tenggorokan, usap kulit, usap dubur, dan pemeriksaan darah.

BACA JUGA:

Namun kami akan memantau setiap hari jika ada gejala yang muncul. Jika ada gejala akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut, jelasnya.

5. Kasus cacar monyet di DKI Jakarta berjumlah 3 orang

Seperti diketahui sebelumnya, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama mengungkapkan, ketiga kasus cacar monyet yang muncul semuanya berasal dari Jakarta.

BACA JUGA:

Ketiga kasus tersebut terdiri dari 1 kasus pada Agustus 2022, 1 kasus pada 12 Oktober 2023, dan 1 kasus pada 19 Oktober 2023.

Kementerian Kesehatan Indonesia mengatakan pasien dengan kasus cacar monyet kemungkinan merupakan kasus impor karena mereka pernah bepergian dari luar negeri di masa lalu.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *