5 Fakta BLT El Nino Rp. 200.000 Cairan Selama 2 Bulan dan Bansos 10 Kg Beras Disalurkan Oleh: Okezone Economy

JAKARTA – Pemerintah memperkenalkan bantuan tunai langsung (BLT) memperkirakan dampaknya El Nino. Presiden RI Jokowi segera mengolahnya dan memberikannya kepada masyarakat.

Salah satu tujuan BLT dan bansos sendiri adalah untuk memastikan daya beli masyarakat tetap terjaga meski dalam situasi sulit.

Berikut ini Okezone rangkum fakta terkait BLT El Nino dan bansos yang telah disalurkan. Minggu (11/5/2023).

1. Jumlah bantuan sosial yang disalurkan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mencatat, total penyaluran bantuan beras 10 kg per bulan yang pertama pada tahun ini sebesar Rp7,9 triliun ditambah Rp8 triliun, meningkat hampir Rp16 triliun dan kini bertambah lagi Rp2,67 triliun. triliun.

Masalah iklim El Nino menyebabkan gagalnya panen padi karena sebagian besar sentra penghasil beras mengalami kekeringan. Apakah tadi malam turun hujan? Mudah-mudahan turun hujan, pungkas Sri.

2. Sasaran El Nino BLT

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 40 Tahun 2015 menciptakan Asuransi Usaha Pertanian yang bertujuan untuk memberikan ganti rugi kepada petani yang areal tanam padinya rusak minimal 70%.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membenarkan hal itu sudah dipetakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menterinya melalui rapat terbatas untuk mengantisipasi Puso akibat El Nino.

Ikuti berita Okezone berita Google


3. BLT dan bansos sudah dibayarkan

Presiden menyerahkan bantuan pangan berupa beras kepada penerima manfaat di Balai Kebudayaan Batubulan, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, pada Selasa, 31 Oktober 2023.

4. Bansos beras diberikan hingga bulan Desember

Saat berdialog dengan masyarakat penerima, Presiden Jokowi menyampaikan komitmen pemerintah untuk melanjutkan penyaluran bantuan pangan hingga Desember 2023.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi mengatakan bantuan serupa akan diberikan hingga tiga bulan pertama tahun depan dengan jumlah beras sebanyak 10 kilogram per bulan.

“Nanti setelah bulan November, Desember kita tambah satu lagi. Jadi 10kg, 10kg, 10kg, 10kg dan berdoa juga nanti di bulan Januari, Februari, Maret ada 10kg, 10kg, 10kg,” kata Jokowi.

5. BLT juga akan dilayani hingga Desember

Bagi masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah juga akan memberikan bantuan tunai sebesar Rp200 ribu per bulan pada November dan Desember 2023.

“PKH-nya banyak. Nanti November dan Desember saya lihat ada transfernya Rp 200 ribu, Rp 200 ribu, lagi lagi. Ini udah, yang beda, Rp 400 ribu di akhir tahun. tahun,” katanya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *