5 Cara Meningkatkan Stamina Fisik di Tengah Panas Ekstrim : Okezone Health

PANAS serangan ekstrim di beberapa wilayah di Indonesia. Kondisi ini membuat masyarakat harus lebih memperhatikan dan memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, sebagian orang masih perlu melakukan aktivitas di luar ruangan meski cuaca tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berlebihan. Salah satu cara untuk memperkuat daya tahan tubuh pada kondisi (cuaca) yang agak ekstrim tersebut adalah dengan menggunakan suplemen makanan atau vitamin.

Namun, ada cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rangkuman dari website Linka zdravia, Kamis (19/10/2023).

1. Konsumsi sayuran

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu Anda melawan patogen berbahaya.

Cuaca hangat

Antioksidan dalam makanan ini membantu mengurangi peradangan dengan melawan senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan jika jumlahnya tinggi di tubuh Anda.

2. Makan lemak sehat

Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon, dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen dengan mengurangi peradangan. Meskipun peradangan tingkat rendah merupakan respons normal terhadap stres atau cedera, peradangan kronis dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Tidur yang cukup

Mengatur jam tidur di tengah jadwal yang padat memang sulit. Namun, kurang istirahat akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda. Kualitas tidur yang tidak mencukupi atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Dalam sebuah penelitian terhadap 164 orang dewasa sehat, mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap malam lebih mungkin terkena flu dibandingkan mereka yang tidur enam jam atau lebih setiap malam.

Ikuti berita Okezone berita Google


4. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi kaya akan bakteri bermanfaat yang disebut probiotik yang mengisi saluran pencernaan Anda (12). Makanan fermentasi tersebut antara lain yogurt, sauerkraut, kimchi, kefir, dan natto yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang dapat membantu sel kekebalan Anda membedakan antara sel normal dan sehat dan organisme penyerang berbahaya.

5. Olah raga ringan

Maka rutin berolahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Terlebih lagi, olahraga teratur dapat mengurangi peradangan dan membantu sel kekebalan tubuh beregenerasi secara teratur.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *