5 buah ini bisa bantu hidrasi tubuh, efektif dimakan saat cuaca panas: Okezone health

PANAS Kondisi ekstrim yang melanda Indonesia beberapa waktu lalu berpotensi menyebabkan manusia kelelahan dan dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi saat cuaca panas.

Salah satu cara menghadapi cuaca panas adalah dengan mengonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan air dan nutrisi. Rangkuman dari berbagai sumber, Selasa (17/10/2023) berikut lima buah yang bisa membantu Anda tetap terhidrasi saat cuaca panas.

1. Jeruk

Jeruk sangat menyehatkan dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Terdapat hampir 118 ml air dalam satu buah jeruk, bersama dengan serat dan beberapa nutrisi.

Jeruk mengandung vitamin C dan potasium yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung. Air dan serat pada jeruk dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga berguna untuk mengendalikan nafsu makan.

Makanan untuk hidrasi tubuh

2. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air sebesar 95 persen. Mentimun merupakan salah satu makanan sehat dan menghidrasi yang dapat dimasukkan ke dalam menu makanan.

Mentimun hampir seluruhnya terdiri dari air dan juga menyediakan sejumlah kecil nutrisi seperti vitamin K, potasium, dan magnesium.

3. Semangka

Semangka sangat sehat dan salah satu makanan paling menghidrasi yang bisa Anda makan.

154 gramnya mengandung lebih dari 118 ml air, selain beberapa serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Semangka juga relatif rendah kalori, hanya menyediakan 46 kalori per cangkir.

Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang sangat rendah. Artinya porsi semangka yang relatif besar mengandung sedikit kalori. Selain itu, semangka kaya akan antioksidan kuat, termasuk likopen.

Ikuti berita Okezone berita Google


4. Tomat

Banyak orang yang menganggap tomat sebagai sayur, padahal tomat merupakan buah yang kandungan airnya paling tinggi, sekitar 94 persen. Tomat juga mengandung likopen yang membantu mencegah kerusakan sel.

Selain buah-buahan tersebut, jangan lupakan pola minum yang teratur di siang hari. Hindari minuman beralkohol dan berkafein, karena keduanya dapat menyebabkan dehidrasi.

Pakaian yang sesuai juga penting, seperti pakaian tipis dan topi untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung. Dengan menjaga asupan cairan dan memilih makanan yang tepat, Anda bisa tetap terhidrasi dan nyaman saat cuaca sangat panas.

5. Stroberi

Berry ini adalah pilihan yang baik saat Anda kepanasan dan berkeringat. Stroberi rendah kalori tetapi tinggi air, serat, dan vitamin C.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *