4 Tips Cegah Sakit Saat Pakai Sepatu Hak Tinggi : Okezone Lifestyle

SEBUAH SEPATU Sepatu hak tinggi digemari banyak wanita karena dapat menambah tinggi badan dan mempercantik penampilan kaki mereka. Namun, tidak jarang kaki Anda terasa pegal, pegal, atau pegal meski sudah mengenakan sepatu hak tinggi.

Tapi ahli penyakit kaki Dr. Marc Mendeszoon membeberkan beberapa tips yang bisa membantu meringankan rasa sakit saat memakai sepatu hak tinggi, seperti dilansir Livestrong.

Regangkan tendon Achilles Anda

Tendon Achilles terletak dari tulang tumit hingga otot betis. dr. Mendeszoon menjelaskan, tendon Achilles yang meregang merupakan penyebab utama hipertrauma pada kaki dan pergelangan kaki, termasuk neuroma, plantar fasciitis, tendinitis, dan fraktur stres.

Lakukan peregangan dengan berbagai cara, seperti melilitkan handuk pada salah satu kaki dan menariknya ke tubuh selama 30 detik. Ulangi pada kaki lainnya 10 hingga 15 kali pada setiap kaki.

Alternatifnya, Anda bisa berdiri beberapa meter dari tembok. Letakkan kedua tangan di dinding. Mundur dengan kaki kiri dan tekuk sedikit lutut kanan. Anda akan merasakan regangan pada tendon Achilles kiri Anda.

Tahan selama 30 detik lalu ganti sisi. Ulangi 10 hingga 15 kali pada setiap kaki. Anda juga bisa melakukan peregangan di pinggir tangga, lalu turunkan tumit dan tahan selama 30 detik dengan tetap menjaga keseimbangan.

Latih kaki Anda

“Latihan mobilitas kaki ini membantu menghilangkan kekakuan, mengembalikan elastisitas tendon, dan meningkatkan fleksibilitas,” jelas Dr. Mendeszoon.

Untuk melakukan ini, gunakan jari kaki Anda untuk mengangkat mainan dari lantai lalu pindahkan ke dalam mangkuk, ulangi 20-30 kali pada setiap kaki.

Ikuti berita Okezone berita Google


Pijat kaki

dr. Mendeszoon mengatakan pijatan meningkatkan aliran darah dan memobilisasi cairan sinovial di sendi dan tendon. Ini mengurangi pembengkakan dan melemaskan otot.

Luangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk memijat kaki Anda setiap hari dengan menggosok kaki menggunakan jari atau memutar kaki dengan roller atau botol air.

Kenakan sepatu datar di rumah

Dengan memakai sepatu hak tinggi setiap hari, tubuh Anda beradaptasi untuk berjalan dengan sepatu hak tinggi, dan memakai sepatu datar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada lutut atau pinggul Anda. Untuk mengimbangi ukuran yang tidak sehat ini, kenakan sepatu kets atau sepatu datar setiap kali Anda berada di rumah.

“Mengurangi tumit bisa mengurangi kerusakan. Hal ini memungkinkan tendon Achilles meregang dan mengembalikan fungsi traksi dan elastisitas yang tepat,” katanya.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *