4 Jendral Besar yang Selalu Di Samping Soekarna: National Okezone

JAKARTA – Seorang jenderal hebat yang selalu berada di sisinya Sukarno ia terbukti memiliki kedekatan emosional dan loyalitas yang tinggi. Selain itu, presiden pertama Indonesia ini kerap mempercayakan para panglima kepercayaannya untuk menjalankan tugas militer.

Menurut berbagai sumber, berikut jenderal-jenderal besar yang selalu berada di sisi Sukarno:




1. Jenderal Hartono

Jenderal Hartono masuk dalam daftar jenderal besar yang selalu berada di sisi Sukarno. Ia dikenal sebagai sosok yang setia kepada presiden.

Hartono ingin diangkat menjadi Panglima Angkatan Laut menggantikan Laksamana RE Martadinata Soekarno. Namun saat itu posisinya hanya untuk Korps Marinir.

Ketika beredar isu ancaman penyerangan istana, Sukarno mempercayakan pengamanannya kepada Jenderal Harton. Setelah Soeharto berkuasa, peran Harton semakin berkurang.

Ikuti berita Okezone berita Google


2. Jenderal Ahmad Yani

Letjen Ahmad Yani merupakan salah satu jenderal utama yang paling dekat dengan Bung Karn. Ia merupakan satu-satunya Kepala Staf Umum yang diangkat langsung oleh Sukarno.

Kepercayaan tersebut diberikan kepada Ahmad Yani untuk menggantikan AH Nasution pada tahun 1962. Kedekatannya dengan presiden memaksanya mengungguli jenderal senior lainnya seperti Soeharto, Sudirman, dan Soeprajogi.

3. Jenderal Umar Dhani

Lainnya adalah Omar Dhani, jenderal besar lainnya yang sering mendampingi Sukarno. Omar Dhani adalah penggemar berat Sukarno.

Soekarno sangat menyukai sifat Omar dan karir Omar Dhani melejit sebagai bagian dari loyalis Soekarno.

Omar Dhani diangkat menjadi Menteri/Panglima Angkatan Udara pada tahun 1962. Ia menerapkan prinsip-prinsip Soekarno dalam politik dan berusaha menjadikan setiap anggota TNI AU sebagai “kleine Sukarnotjes” atau Soekarno kecil.[SoekarnodalampolitikdanberusahamenjadikansetiapmuktaAURIsebagai”kleineSukarnotjes”atauSoekarnokecil[SoekarnodalampolitikdanberusahamenjadikansetiapanggotaAURIsebagai”kleineSukarnotjes”atauSoekarnokecil

4. Jenderal Ibrahim Adjie

Jenderal Angkatan Darat Ibrahim Adjie juga merupakan seorang Mayor Jenderal yang sering berada di sisi Sukarno. Kesetiaannya ditunjukkan saat terjadi kerusuhan politik pasca Gerakan 30 September 1965 yang mengguncang kepemimpinan Sukarno.

Sebagai salah satu jenderal yang antikomunis, Adjie masih condong ke arah Sukarno. Ia menjadi pelindung Sukarno ketika banyak perwira Angkatan Darat yang berbalik melawan Sukarno.

Itulah jenderal hebat yang selalu berada di sisi Sukarno.

(rin)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *