4 Fakta Firli Bahuri Tak Jawab Panggilan Polda Metro, Aceh Road Show: National Okezone

KETUPenyidik ​​Polda Metro Jaya memanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa, 7 November 2023. Namun, ia dikabarkan tak mampu memenuhi panggilan tersebut. .




Kepala Intelijen KPK Ali Fikri mengatakan Firli tidak bisa hadir karena ada aktivitas di Aceh. Berikut beberapa faktanya:

1. Firli Bahuri beroperasi di Aceh

Informasi yang kami terima mengirim surat ke sana karena ada kegiatan di Aceh terkait Bus Road Show dan juga Hakordia di Aceh, kata Ali kepada wartawan.

Ali menjelaskan, lokasi Road Show Bus KPK saat ini masih di Aceh. Jadi Firli akan tetap bertahan di sana dan mengisi beberapa kegiatan KPK.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan ada beberapa kegiatan, makanya dia mengirimkan surat yang menegaskan tidak ikut serta, ujarnya.

2. Pimpinan KPK sudah punya jadwal

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menjelaskan alasan Firli Bahuri berangkat ke Aceh sehari sebelum pemanggilan Poldo Metro Jaya, sehingga mangkir dari panggilan pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Menurut dia, kelima pimpinan lembaga antirasuah itu sudah memiliki jadwalnya masing-masing.

“Pak Nawawi sakit, Pak Alex juga terkait soal roadshow ke Palembang, lalu Pak Nurul Ghufron di luar negeri. Jadi besok saya juga ada tugas ke Korea,” kata Tanak saat jumpa pers di kantornya, Selasa. Senin (11/06/2023) malam.

Pembagian tugas ini sudah direncanakan sebelumnya dan ketuanya juga akan berangkat ke Aceh, lanjutnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Program Firli Bahuri tidak dapat diwakili

Menurut Tanaka, rencana kegiatan Firli tidak bisa digantikan oleh pemimpin lain. Lanjut Tanak, penjadwalan ulang ujian adalah hal yang biasa.

“Dalam proses pemeriksaan, penundaan batas waktu merupakan hal yang lumrah bila ada kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan,” ujarnya.

4. Firli Bahuri tidak mangkir

Kepala Badan Intelijen KPK Ali Fikri mengatakan pimpinannya tidak mangkir dari panggilan pengadilan yang dimaksud. Ali mengaku Ali tidak hadir karena sudah mengirimkan surat untuk tidak hadir.

“Kalau mangkir, kalau tidak mendapat pemberitahuan, tidak ada konfirmasi,” kata Ali.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *