170 Seniman Seni dan Budaya Bersaing di Indonesia Cultural Awards 2023: Okezone Edukasi

JAKARTA – 170 pelaku budaya mengikuti Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) 2023. Penghargaan tertinggi diberikan kepada pelakunya budaya yang bersinergi untuk memajukan nilai-nilai luhur warisan budaya.

AKI 2023 mengusung tema Harmoni Perawat yang merupakan penghargaan bagi masyarakat yang berperan serta dalam pengembangan kebudayaan melalui berbagai tindakan nyata. Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid berharap kehadiran AKI dapat memperkuat tingkat ekosistem kebudayaan dan diakui sebagai bagian dari pembangunan manusia dan nasional di masa depan. Kami berharap kehadiran AKI terus menyatukan semangat berkreasi melalui kebudayaan.

BACA JUGA:

“Melalui AKI yang biasa diadakan setiap tahun ini, kita bisa semakin memperkuat cara pandang masyarakat untuk menyadari pentingnya bekerja bagi Indonesia melalui budaya,” kata Hilmar, Kamis (26/10/2023) di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

BACA JUGA:

“Kami berharap kerjasama antar lembaga dalam memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh penggerak kebudayaan dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Kemendikbud akan membagi kategori pemegang penghargaan kebudayaan menjadi Memorialist, Pelopor dan Reformator, Anak/Pemuda, Maestro Seni Tradisional, Lembaga dan Perorangan Asing, Masyarakat Adat, Pemerintahan Daerah Sendiri dan Media.

BACA JUGA:

Malam puncak AKI Awards 2023 juga akan diisi oleh musisi nasional yang akan membawakan lagu-lagu khas budaya daerah di Indonesia, antara lain Novia Bachmid, Andien, dan Rinto (komposer). Jangan lewatkan pertunjukan budaya daerah seperti tari lokal yang dikoreografikan oleh Uni Tati, serta atraksi dari Tanah Batak yaitu Komunitas Eta Margondang yang memadukan musik tradisional empat suku di sekitar Danau Toba yaitu Karo, Toba, Simalungun dan Pak-pak. .

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *