1 Tahun Tragedi Kanjuruhan, Ini Harapan Pelatih FC Arema: Okezone Bola

DIA perayaan 1 tahun Tragedi di Kanjuruhanpelatih Arema FC, Fernando Valente, punya harapan spesifik yang ingin ia capai. Fernando Valente ingin mendedikasikan kemenangan tersebut kepada keluarga korban tragedi Kanjuruhan saat menghadapi PSS Sleman pada pekan ke-14 Ligue 1 musim 2023-2024.

Sabtu 1 Oktober 2022 WIB malam dikenal sebagai hari tergelap dalam sepak bola Indonesia. Saat itu, pertandingan antara Arema FC vs Persebaya Surabaya berakhir dengan kemenangan lawan dengan skor 2-3, sehingga membuat sejumlah Arema – selaku suporter Arema FC – tidak setuju jika rivalnya berhasil mengalahkan mereka.



Tragedi di Kanjuruhan

Alhasil, bermula dari segelintir suporter yang masuk ke lapangan, disusul ribuan suporter lainnya. Situasi kemudian menjadi tidak terkendali.

Hal ini diperparah ketika polisi menembakkan gas air mata ke arah tribun penonton, bukan ke arah lapangan tempat suporter masuk ke dalam lapangan. Alhasil, Aremania semakin beringas, mereka geram dengan kelakuan polisi yang menyemprotkan gas air mata ke tribun penonton.

Beberapa kendaraan polisi rusak berat di dalam stadion. Bahkan, massa juga membakar dua kendaraan.

Di luar Stadion Kanjuruhan situasi juga tak terkendali. Rombongan Persebaya yang hendak keluar stadion terhalang oleh penghalangan Aremania di pintu keluar stadion. Beberapa kendaraan di luar stadion pun ikut dirusak akibat ulah suporter tersebut.

Sebanyak 135 orang tewas dalam kerusuhan tersebut, termasuk dua polisi yang sedang bertugas pada pertandingan Derby Jatim. Kerusuhan tersebut juga mengakibatkan lebih dari 600 warga Aremania terluka.

Jelang peringatan tragedi Kanjuruhan besok, Fernando Valente bertekad meraih kemenangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pelatih asal Portugal itu akan fokus pada persiapan anak asuhnya jelang laga melawan PSS Sleman.

“Entah kami ingin fokus hanya pada pekerjaan, tentu manajemen atau klub akan melakukan sesuatu (mengingat tragedi di Kanjuruhan),” kata Fernando Valente dalam konferensi pers jelang pertandingan.

Ikuti berita Okezone berita Google


Fernando Valente mengaku masih sedih mendengar cerita mengerikan tragedi Kanjuruhan. Namun ia tak ingin timnya larut dalam kesedihan dan harus bangkit dan memikirkan masa depan.

“Jadi kami belajar dari tragedi tersebut bahwa kami sedih dengan semua ini, namun tragedi tersebut tidak dapat dan tidak boleh mempengaruhi kami untuk melangkah maju ke masa depan,” jelas Fernando Valente.

Arema FC

Yang pasti besok adalah hari yang spesial (mengingat tragedi Kanjuruhan) dan kita tahu cara mengenang tragedi ini adalah dengan menang. Dan saya harap itu bisa, jadi tetap semangat untuk pendukung setia kita, lanjutnya.

Kini menarik dinantikan duel Arema FC vs PSS Sleman. Pertandingannya sendiri akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Sabtu (30/09/2023) pukul 15:00 WIB.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *